Resep Bandeng Asam Pedas

Resep Bandeng Asam Pedas

January 14, 2012 by didut

Kamu kalo masak ikan diapain? digoreng? dikecapin? dibakar? Nah karena resolusi 2012 saya hidup lebih sehat akhirnya teringat resep masak ikan yang agak lain dari Mbak Wiwik. Ikannya sih direbus ajah dengan rasa asam pedas dan believe me, resep ini GUAMPANG BANGET !! Jadi jangan takut untuk bikin yah.

 

Bandeng Asam Pedas

Tadi pagi saya ke pasar dan membeli sekitar 1 kilogram ikan bandeng. Karena hari ini saya sendirian dirumah jadi hanya masak setengahnya saja (0,5 kilo), jadi sesuaikan aja yah jumlah bumbunya dan gak ada patokan kok. Resep saya pokoknya suka-suka ajah hihihi~

Bahan & Bumbu

  • 0,5 kilogram ikan bandeng
  • 4 siung bawang putih (diiris)
  • 6 siung bawang merah yang besar-besar, sepertinya makin banyak makin enak (diiris)
  • sereh
  • salam
  • laos
  • tomat secukup & sesukanya (dipotong potong)
  • cabe (kalau suka pedas dibanyakin saja)
  • jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Cara Masak

Masukkan saja semua bahan diatas kecuali jeruk nipis yah hihi~ Tambahkan air sesukanya, tapi pokoknya sampai ikannya terendam seperti sup. Masak dengan panas medium saja. Nah masukkan perasan setengah jeruk nipis ke dalam masakan. Jeruk nipis saya agak besar jadi kalau yang kecil 1 buah deh.

Tunggu sampai mendidih dan rasakan kuahnya. Kalau kurang kuat bisa tambahkan garam dan gulanya atau jeruk nipisnya kalau memang kurang asam. Kalau daging ikannya sudah lembut berarti sudah selesai masakannya dan bisa diangkat.

Ternyata kelebihan ikan yang direbus, tekstur dagingnya terasa sekali ketika dimakan. Lembut dan MAKNYOSSSS ! Jauh lebih enak dagingnya daripada digoreng ataupun dibakar karena kelihatan masih fresh.

Kalau kamu suka yang segar-segar, resep bandeng asam pedas ini bisa dijadikan alternatif.

Have a nice weekend mate !

 

Via blog: http://blog.tukangmakan.com/2012/01/resep-bandeng-asam-pedas/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s