Manfaat Bawang Merah

Bawang merah sudah sangat familiar dalam kehidupan kita sebagai bumbu masakan sehari-hari. Bawang merah memiliki nama latin Allium cepa yang berasal dari suku Liliceae. Tanaman ini mudah tumbuh dan berkembang biak menggunakan umbi yang ditanam dalam tanah. Bukan hanya sebagai bumbu masak yang sedap, ternyata bawang merah juga memiliki khasiat yang ampuh untuk kesehatan.

Khasiat bawang merah sebenarnya telah banyak dirasakan oleh manusia sejak berabad-abad yang lalu. Sebagai contohnya adalah untuk menambah kekuatan ekstra bagi pekerja yang membangun piramida Mesir, mereka rajin mengonsumsi bawang merah dan lobak. Para Gladiator di zaman Romawi kuno dahulu juga memanfaatkan bawang untuk menambah kekuatan otot mereka. Mereka menggosok-gosokkan bawang merah ke seluruh bagian tubuh sebelum bertanding agar tampil prima.

Ada berbagai macam zat bermanfaat yang terkandung dalam bawang merah. Diantaranya adalah Vitamin K, Vitamin E, Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Seng, dan Natrium. Dengan zat penting yang terkandung dalam bawang ,erah tersebut, tidak heran kiranya jika bawang merah memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat bawang merah tersebut adalah menyembuhkan sakit kepala, melancarkan buang air besar, mengobati batuk, rambut rontok, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular.

Dari hasil penelitian, ternyata ekstrak umbi Bawang Merah dengan dosis 250 mg/kg bb, menyebabkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 23,46%. Pada pemberian tolbutamid dosis 250 mg/kg bb secara oral, menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 22,21%, dan pemberian air suling dengan takaran 5 ml/kg bb secara oral menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 3,00%. Bawang Merah juga dapat menghambat peningkatan GPT plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CCl4.

Bawang merah bersifatmenyerap virus, sehingga jika anda mengalami sakit flu atau terkena pneumonia maka ada cara mudah dan murah mengatasinya yaitu dengan cara meletakan irisan bawang merah di dalam mangkok dan letakan mangkok tersebut dikamar tempat orang sakit, maka dengan sendirinya bawang merah akan menyerap virus disekitar kamar dan pada tubuh pasienya.

Sedangkan manfaat lain dari bawang merah adalah untuk mengobati penyakit :

– batuk
– haid tidak teratur
– kencing manis
– obat cacing
– demam pada anak-anak (obat luar)
– perut kembung pada anak-anak (obat luar)
– mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah
– memberikan peluang kesembuhan pada penderita asma
– menurunkan tekanan darah dan kadar lemak di dalam darah
– mencegah naiknya gula darah pada penderita diabetes melitus

Jika Anda ingin memperoleh khasiat bawang merah secara optimal, Anda dapat mengonsumsi irisan bawang merah yang masih mentah setiap hari secara rutin. Irisan bawang merah mentar tersebut dapat Anda padukan dengan cabe kecil, irisan tomat, dan irisan mentimun lalu diberi garam dan air perasan jeruk nipis. Anda dapat menikmatinya sambil menyantap ikan atau ayam goreng.

SISA BAWANG MERAH BERACUN

Bawang merah adalah sebuah magnet besar untuk bakteri, terutama bawang mentah. Bawang merah sudah cukup terkontaminasi hanya dengan dipotong dan dibiarkan terbuka untuk sebentar saja, sehingga hal itu dapat membahayakan Anda Anda seharusnya jangan pernah berencana untuk menyimpan sebagian dari irisan bawang merah. Hal ini tidak aman bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam tas zip-lock dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda.

Jika Anda memotong sisa bawang merah dan menaruh pada sandwich Anda, Anda sedang mencari masalah. Baik bawang merah dan kentang basah dalam salad kentang, akan menarik dan menumbuhkan bakteri dengan sangat cepat. Untuk itu jangan mengiris bawang merah dan dibiarkan terlalu lama jika tidak segera dikonsumsi atau dimasak. Apalagi jika dibiarkan lebih dari 6 jam karena dapat menumbuhkan bakteri beracun yang bisa menyebabkan infeksi lambung yang buruk dikarenakan kelebihan sekresi empedu dan bahkan keracunan makanan.

Selain itu, anjing tidak boleh makan bawang merah. Hal ini karena perut anjing tidak dapat mengolah bawang merah.

via blog: http://www.ilmupengetahuan.net/khasiat-bawang-merah.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s