Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih merupakan rempah-rempah atau bumbu dalam masakan dan sangat berperan penting dalam dunia kesehatan. Sejak dulu manusia menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan. Bawang putih adalah tanaman tertua berbagai obat atau rempah-rempah yang ada sejak lebih dari 3000 SM. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang membuat bawang putih baunya menyengat.

Bawang putih mengandung berguna mineral seperti fosfor, kalsium dan zat besi . Mineral jejak seperti yodium, sulfur dan klor juga hadir dalam cengkeh di samping senyawa seperti allicin, allisatin1 dan 2.

Beberapa manfaat dari bawang putih adalah sebagai berikut;

• Mengobati penyakit Kanker. Bawang putih memiliki kandungan Organosulfida yang bermanfaat bagi hati dalam proses menyaringan senyawa beracun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, mengkonsumsi potongan-potongan bawang putih sama saja dengan memerangi racun dan penyakit kanker yang dapat menyerang tubuh Anda.

• Meningkatkan Stamina. Mencampurkan bawang ke dalam masakan kita atau menelan bawang setiap hari dapat menjadi sumber kekuatan fisik dan meningkatkan stamina tubuh kita.

• Mengobati penyakit flu dan batuk. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa bawang putih yang di tumbuk dan dicampur dengan minyak dapat membunuh 2 macam penyakit herpes serta rhinivirus tipe 2 yang biasanya menyebabkan flu. Bawang putih juga mengandung sulfur (zat belerang) yang dapat melegakan saluran pernapasan serta membantu mengeluarkan lendir.

• Mengobati Diabetes

• Mengurangi kolesterol. Bawang putih, kaya allicin kompleks efektif mencegah oksidasi kolesterol LDL

• Mencegah hipertensi. Ketika terkena hipertensi, allicin dalam bawang putih hadir melemaskan pembuluh darah. Bawang putih juga dapat mengurangi agregasi trombosit.

• Memperlancar saluran pencernaan. Bawang putih membantu dalam fungsi normal dari usus untuk pencernaan yang baik. Bahkan setiap pembengkakan atau iritasi dari saluran lambung dapat rectifies dengan pengobatan bawang putih.

• Luka yang terinfeksi: Bawang putih dapat ditempatkan pada luka yang terinfeksi untuk pengobatan herbal.

• Dan penyakit lain seperti mengobati asma, masalah penglihatan, masalah pendengaran, mengobati jerawat, menghangatkan tubuh, dan lain-lain.

Bawang putih sangat efektif bila dimakan mentah. Cukup 2 sampai 3 siung bisa mencegah serangan flu biasa dan mencegah penyakit lain. Tapi, mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak juga tidak terlalu bagus karena dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

via blog: http://www.ilmupengetahuan.net/khasiat-bawang-putih.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s