Manfaat Buah Apel

Buah Apel dapat dimakan mentah secara langsung atau melalui berbagai hidangan seperti salad buah, custard dan jus apel. Manfaat buah yang satu ini sangat banyak sekali selain rasanya yang enak mudah didapat juga berkhasiat untuk pengobatan yaitu termasuk pencernaan, gangguan lambung, anemia, wekness, perawatan gigi, disentri, penyakit jantung, rematik, gangguan mata, kanker asam urat, dan perawatan kulit.

Dikemas dengan kandungan serat lima gram mampu memenuhi 20 persen dari nilai asupan gizi harian Anda. Tekstur buahnya yang renyah bisa memaksa Anda untuk berusaha mengunyah. Kegiatan ini bermanfaat sebagai pengganti senam wajah. Selain itu, pemanis alami dalam apel mampu memasuki aliran darah secara bertahap, membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat insulin stabil.

Apel mempunyai kadar lemak yang rendah tetapi serat yang ada dalam buah apel sangat tinggi, serat ini akan membantu Anda merasa cepat kenyang. Ketika kita lapar sebenarnya yang terjadi adalah munculnya rangsangan dari lambung. Otak diperintahkan untuk segera mencari makanan dan mengisi perut oleh lambung yang kosong tadi. Jika lambung telah terisi maka secara alami kita akan merasakan rasa kenyang dan akan segera menghentikan asupan makanan.

Apel mengandung pektin (sejenis serat) dan polifenol (antioksidan kuat), yang dapat mengambil mereduksi kadar kolesterol darah dan mencegah oksidasi LDL (”buruk”) kolesterol, proses kimia yang mengubah menjadi plak penyumbatan arteri. Jangan membuang kulitnya, karena kulit apel memiliki dua sampai enam kali senyawa antioksidan seperti daging.

Wanita yang mengonsumsi apel satu buah sehari dalam enam bulan akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh sebanyak 23 persen. Sebaliknya kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuhnya akan meningkat sebanyak 4 persen. Bagi wanita hamil yang mengonsumsi buah apel secara rutin bisa memberikan keuntungan kesehatan pada bayi yang akan dilahirkannya. Selain itu, konsumsi apel bisa mencegah anak mengembangkan penyakit asma ketika usianya mencapai lima tahun. Buah ini juga dapat melindungi paru-paru orang dewasa, menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

Apel mengandung antioksidan yang tinggi, Anti oksidan ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, rendahnya kolesterol jahat ini akan melindungin Anda dari penyakit jantung. Para penelitia memperkirakan, mereka yang mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah penyakit mematikan ini hingga 42 persen.

Apel dapat meningkatkan produksi asetilkolin, zat kimia yang mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf, sehingga kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring pertambahan usia, meningkatkan memori, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit Alzheimer.

Dari penjelasan di atas, maka manfaat mengkonsumsi apel adalah ;

1. Menu diet yang sehat
2. Mengurangi Kolesterol
3. Mencegah Kanker
4. Anti oksidan
5. Mencegah penyakit pernapasan
6. Mencegah pikun dini

via blog: http://www.ilmupengetahuan.net/manfaat-buah-apel.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s