Lautan Massa Rakyat Hadiri Deklarasi Pencapresan Hugo Chavez

Massa rakyat Revolusi

Kawasan Plaza Diego Ibarra, yang terletak di pusat kota Caracas, menjadi lautan manusia sejak Senin pagi (11/6/2012). Lautan massa itu adalah pendukung setia revolusi Bolivarian.

Senin siang, Hugo Chavez akan mendaftar sebagai calon presiden di Dewan Pemilihan Nasional (CNE). Kehadiran massa-rakyat di hari pencapresan itu merupakan bentuk dukungan terhadap keberlanjutan revolusi sosialis.

Menurut salah seorang pimpinan Comando Batalla de Carabobo (nama komando pemenangan elektoral Chavez),  Aristobulo Isturiz, spontanitas rakyat yang berkumpul Senin pagi ini sama dengan apa yang terjadi tanggal 13 April 2002 ketika rakyat berusaha menggagalkan kudeta.

“Hari ini kami melihat lautan rakyat. Aku tidak tahu dimana teluk, di mana pantai…tapi ini akan menjadi gelombang yang besar. Ini karena kedekatan Chavez dan rakyat yang sangat kuat,” kata Isturiz menggambar keadaan massa yang sudah berkumpul di Plaza Diego Ibarra.

Bagi Isturiz, koalisi Chavez tidaklah sekedar mencari suara, melainkan juga memperluas kesadaran massa rakyat. “Kami harus fokus pada konten politik, ideologi, dan program. Ini cara kami untuk membuka kedok musuh,” kata Isturiz.

Salah seorang diantara lautan massa itu adalah Yonny Pellicer, yang mengaku datang dari Anaco, negara bagian Anzoategui. “Saya berasal dari Anaco untuk memastikan pencapresan Chavez untuk pemilu 7 oktober. Kami tiba pukul 07.00 pagi. Saya datang dengan teman-teman saya. Dan saya sangat bersemangat melihat komandan saya,” katanya.

Pellicer adalah anggota gerakan Tupamaro. Ia sengaja datang jauh-jauh hanya untuk melihat dan mendengar arahan Chavez. Begitu pula dengan Jose Luis Rodriguez, seorang militan revolusi bolivarian, yang juga datang jauh-jauh hanya untuk mendukung Chavez.

Lain lagi dengan Benito Flores, pendukung revolusi bolivarian dari negara bagian Trujillo. Ia bahkan memobilisasi lima ribuan orang untuk datang ke Ibukota dan mendampingi Hugo Chavez saat pendaftaran.

Benito mewakili rakyat pedesaan Venezuela, yang selama ini menikmati program land-reform dan berbagai program pertanian revolusi Bolivarian. “Chavez adalah satu-satunya jaminan bahwa Venezuela akan terus menyusuri jalur kesetaraan, kebenaran, keadilan, jaminan sosial dan, terutama, kesejahteraan kolektif,” tegasnya.

Menjelang pukul 16.00 sore, Hugo Chavez keluar dari Istana Kepresidenan Miraflores dengan menggunakan truk terbuka. Ia ditemani oleh pimpinan Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PSUV), Elías Jaua, Érika Farías, dan anak-anak perempuan Chavez.

Deklarasi pencapresan Chavez ini menggugurkan berbagai serangan psikologis kelompok sayap kanan. Misalnya, beberapa hari lalu kelompok oposisi ramai memberitakan umur Hugo Chavez yang tinggal ‘menghitung hari’.

Berita-berita bohong itu disebar ke seluruh dunia, termasuk sejumlah media di Indonesia. Salah satunya adalah Kompas, yang menurunkan berita berjudul “Chavez dilaporkan tinggal menghitung hari” (5/6/2012). Berita Kompas itu dikutip dari koran ABC Spanyol.

Akan tetapi, seperti yang dilaporkan Kantor Berita Venezuela, kondisi Chavez sudah hampir pulih sepenuhnya. Chavez memastikan kondisi kesehatannya sudah sangat siap untuk mengikuti pemilu.

Uji medis yang dilakukan Venezuela, termasuk tes pencitraan, menyimpulkan bahwa kondisi kesehatan Chavez baik-baik saja. Bahkan, beberapa hari lalu Chavez menerima tamunya dari Rusia.

Sebelumnya, pada hari Minggu (10/6/2012), kandidat dari pihak oposisi, Henrique Capriles, sudah mendeklarasikan diri. Ia juga memobilisasi ribuan pendukungnya di bawah payung oposisi terhadap Chavez.

*dimuat di: http://www.berdikarionline.com/dunia-bergerak/20120612/lautan-massa-rakyat-hadiri-deklarasi-pencapresan-hugo-chavez.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s