4 Tips- Trik Dasar Aman FaceBook-an Ria

1. Jangan Buka-Bukaan / Terlalu Jujur di Internet

Berikan informasi umum yang tidak spesifik agar informasi tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang ingin merugikan kita. Terlalu membuka diri di internet sangat tidak aman karena informasi yang sensitif mungkin akan bocor dan tersebar luas di masyarakat. Kalau tidak penting sebaiknya jangan mencantumkan alamat rumah, nomor telepon, alamat email dan lain sebagainya. Internet banyak dihuni penipu, jadi jangan terlalu polos bermain di dalamnya.

Upload foto kita seperlunya di dunia maya serta harus dalam keadaan baik, tidak mempermalukan kita maupun orang lain di depan orang banyak. Foto atau video yang asal-asalan tidak sesuai kode etik bisa menjadi bumerang pada kita. Gunakan foto untuk memudahkan teman lama kita dalam mengenali kita. Foto-foto pribadi yang kurang layak sebaiknya tidak diupload (jangan pernah) karena bisa saja bocor dihack orang yang tidak suka dengan kita.

2.  Jangan Terlalu Kecanduan Sering Online
Batasi penggunaan harian main fesbuk karena bagaimana pun juga facebook hanyalah salah satu cara menghibur diri. Kita hidup di dunia nyata, jadi berbaurlah dengan orang di sekitar kita secara langsung dengan tatap muka secara wajar. Sebaiknya bertukar pesan dengan teman yang kita kenal di dunia nyata saja karena teman-teman baru yang doyan online bisa menyita waktu kita membalas pesan elektronik mereka.

Kegiatan facebuk cukup berkirim pesan seperlunya dengan teman asli, update status jika ada hal yang penting, publikasi event dan cari/tambah add teman asli yang benar-benar kita kenal. Sisa fitur yang lain gunakan seperlunya. Facebook hanyalah facebook, lebih baik persiapkan dan pikirkan masa depan kita di dunia nyata. Jangan lupa makan, tidur, sekolah, ibadah, dll saat menggunakan facebook.

3. Selektif Pilih Teman (Jangan Sembarangan)
Hati-hati dalam memilih teman untuk kita tambah jadi teman kita. Hindari menambah/mengadd orang-orang yang tidak kita kenal (asing) karena bisa saja mereka hanya ingin mencuri/mengumpulkan informasi dan data pribadi kita yang dapat digunakan untuk mencelakai kita. Oleh karena itu batasilah informasi dalam profil facebook kita. Bila perlu setting profile kita hanya bisa dibaca oleh teman/friend yang sudah kita approve.

4. Jadilah Smart, Waspadai Penjahat-Penjahat Internet
Internet adalah dunia bebas yang siap menghancurkan kita jika kita tidak pintar bermain di dalamnya. Maka dari itulah kita harus bisa mengidentifikasi dan mengetahui modus-modus para penjahat online dalam memperdaya korban di internet. Bisa jadi ada penjahat yang buat account dengan nama orang yang kita kenal, lalu pura-pura menjadi orang yang kita kenal untuk menipu kita. Jangan mau membayar apapun atau memberi password kita pada orang lain di internet walaupun teman dekat kita sendiri yang memintanya tanpa konfirmasi langsung di dunia nyata.

Mungkin sekian dulu terima kasih. Jika ada tambahan tolong beri tambahan via komentar. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Selain 4 Tips- TRik Dasar Aman FaceBook-an Ria. Nah untuk mengantisipasi dampak buruk facebook, hati-hatilah menggunakan facebook. Perhatikan beberapa tips berikut saat berinternet menggunakan facebook – Tips Saat Berinteraksi FaceBooka-an :
  • Hati-hati mempublikasikan data diri di facebook seperti nama, alamat lengkap, telepon, dan sebagainya yang bersifat pribadi.
  • Berhati-hati untuk menulis di wall, apalagi tulisan di wall akan terbaca semua rekan di facebook. Untuk keperluan pribadi dengan salah satu teman, sebaiknya kirim private message sehingga hanya teman saja yang membaca.
  • Upload gambar atau foto yang akan berdampak buruk untuk kamu dan rekan di facebook.
  • Facebook pada dasarnya bukan untuk anak-anak seperti dalam aturan facebook sendiri. Sebaiknya jangan ajarkan facebook untuk anak, karena anak cenderung meniru perilaku dan kalimat yang tidak sepantasnya dikonsumsi oleh anak dalam komunitas facebook.

*) diposting di: http://kandangtips.blogspot.com/2010/04/4-tips-trik-dasar-aman-facebook-ria.html

2 responses to “4 Tips- Trik Dasar Aman FaceBook-an Ria

  1. Pingback: My Homepage

  2. I recognize there exists a terrific deal of spam on this weblog internet site. Do you need to have support cleaning them up? I can support among courses! 938006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s