Petani Kunanangan Jaya Tuntut Penyelesaian Konflik Agraria

15. Demo Kasus AgrariaSedikitnya 300-an petani Kunangan Jaya, Kabupaten Batanghari, Jambi, kembali menggelar aksi massa, Senin (11/6/2012). Sasaran aksi ini adalah kantor Bupati Batanghari.

Para petani mengaku geram dengan janji-janji pemerintah daerah. “Kami sudah bosan dijanji-janji. Segera lakukan pemetaan terhadap lahan kami,” kata seorang petani.

Menurut Joyo Sungkono, aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang memimpin aksi petani ini, pemerintah dan dinas kehutanan Kabupaten Batanghari sudah menjanjikan akan melakukan pemetaan lahan warga paling lambat April 2012.

Akan tetapi, bulan April 2012 sudah berlalu, namun pemetaan itu tak kunjung dilakukan oleh pihak pemda dan dinas kehutanan. “Ini namanya melanggar kesepakatan yang sudah dibuat bersama,” kata Joyo.

Untuk diketahui, petani Kunangan Jaya sedang memperjuangkan pengembalian lahan seluas 8000 ha. Sebelumnya, tanah itu dicaplok oleh PT. Asialog pada tahun 1990-an. Akan tetapi, pada tahun 2009, tanah itu beralih ke tangan PT. Agronusa Alam Sejahtera.

Petani mengancam akan melakukan aksi pendudukan di kantor Bupati jikalau tuntutannya tidak direspon. “Kami akan melakukan aksi pendudukan dan mendatangkan massa aksi yang lebih besar,” kata Joyo.

Kontan saja ancaman itu direspon pihak Pemkab. Asisten I Pemkab Batanghari langsung mengajak perwakilan petani berunding. Akhirnya, perundingan itu menghasilkan kesepakatan baru, yakni pemkab Batanghari menjanjikan pemetaan paling lambat dilakukan tanggal 21 Juni 2012.

Janji tersebut membuat petani sedikit bernafas lega. Namun, petani berjanji tidak akan berkompromi lagi jikalau Pemkab Batanghari masih melanggar kesepakatan. “Jika kesepakatan ini kembali dilanggar, maka kami akan langsung melakukan aksi pendudukan,” tegas Joyo.

Aksi ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian. Menjelang malam hari, sekitar pukul 17.00 WIB, massa aksi meninggalkan kantor Bupati.

Joko Supriyadi Nata

*) diposting di: http://www.berdikarionline.com/kabar-rakyat/20120611/petani-kunanangan-jaya-tuntut-penyelesaian-konflik-agraria.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s