Fisikawan Senior: Geofisika Membantu Arkeolog

JAKARTA- Seorang peneliti senior dari SRI Internasional yang juga fisikawan, Lambert Dolphin, menuliskan satu artikel yang cukup komprehensif tentang “Bagaimana Metode Geofisika Membantu Dunia Arkeologi.” Tulisan ini di unggah dalam laman blog pribadinya dan Dolphin yang telah menjadi peneliti di SRI Internasional sejak 1954 ini memulai bahasanya tentang temuan jejak dinding romawi kuno di eropa.

Perang memang banyak menghasilkan kemajuan teknologi, salah satunya adalah foto udara yang awalnya pada Perang Dunia I untuk mengetahui garis belakang musuh. Ternyata juga secara tak sengaja ketika pesawat mengambil foto acak dari udara di atas pedesaan Inggris, foto menampilkan secara tidak sengaja jejak dinding Romawi kuno.

Saat ini foto udara tentu lebih maju dengan stereo-pair color dan color infra-red film photographs (atau bahkan lebih baru, dalam bentuk multi-spektral metode pencitraan) merupakan seni ilmu pengetahuan untuk memulai dalam pemetaan dan memahami area arkeologis menarik, tulis Dolphin dalam blognya.

read more: http://www.kepadamu.com/fisikawan-senior-geofisika-membantu-arkeolog/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s