“Krisis Pangan : Sebuah Ironi Negeri Agraris” (Memperingati Hari Tani Nasional, 24 September 2012)

GambarOleh : Junius Fernando S Saragih*

*Penulis adalah seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad

Aktivis GmnI Cabang Kabupaten Sumedang

            Hampir 65 persen dari semua kebutuhan pangan di dalam negeri kini dipenuhi dari impor,” kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur di Jakarta, Selasa (4/9/2012) (Bisnis.com 5/9/12).

Sebuah pil pahit lagi-lagi harus ditelan negeri yang kerap kita dengar dengan sebutan negara agraris ini. Apa daya, semakin lama kita terperangkap dalam dependensi (ketergantungan) impor pangan yang begitu akut. Logika impor bergulir sebagai dampak dari ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pangan domestik. Bagaimana mendefenisikannya? Tentu tidak sulit sebab sederhananya kita harus mengakui kita sedang terjebak dalam sengkarut krisis pangan. Alih-alih menggapai KPN (Ketahanan Pangan Nasional), yang muncul malah KPN (Krisis Pangan Nasional).

Dewasa ini, adalah hal yang krusial untuk memperbincangkan krisis pangan Indonesia tatkala kekeringan sedang melanda negeri ini. Kendati demikian, kita harusnya tidak buta bahwa krisis pangan tidak saja oleh kekeringan (baca: cuaca) belaka, melainkan juga oleh kekeringan political will merancang pembangunan yang corak agraris. Kekhawatiran krisis pangan seperti yang pernah terjadi 2008 silam tak pelak menghantui banyak kalangan. Tentu ini tidak berlebihan manakala kita ingat kegemparan sesaat yang diakibatkan oleh kenaikan harga kedelai yang tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah.

see more : http://gmnisumedang.wordpress.com/2012/09/17/krisis-pangan-sebuah-ironi-negeri-agraris-memperingati-hari-tani-nasional-24-september-2012/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s